Ini Alasan Internet Kabel Sulit Masuk ke Pelosok Serta Solusinya

Internet kabel belum terpasang secara menyeluruh ke seluruh pelosok wilayah di Indonesia. Hal ini sangat disayangkan karena koneksi internet dapat membuka banyak kemungkinan dan menggali potensi desa sehingga dapat mengangkat perekonomian daerah. Kali ini kami telah mengumpulkan 5 alasan mengapa internet kabel masih sulit masuk ke pelosok mangoe sky. Pastikan Anda baca hingga akhir karena kami juga akan memberikan solusi bagi Anda yang menginginkan internet pelosok tanpa menunggu pemasangan internet kabel.

Mengapa internet kabel masih sulit masuk ke daerah pelosok?

Indonesia membentang dari Sabang hingga Merauke sejauh kurang lebih lima ribu kilometer dan terdiri dari sekitar 17.000 pulau. Ini berbeda dengan negara tetangga seperti Singapura, Malaysia, atau Thailand yang hanya mencakup wilayah kecil saja. Artinya, kabel atau serat optik tidak hanya harus ditanam di darat namun juga harus ditanam di laut. Di darat, rintangan yang dihadapi juga tidak tanggung-tanggung. Gunung-gunung serta bukit-bukit membentang di sepanjang daratan Indonesia. Hal ini tentunya akan membuat usaha pemerataan internet kabel untuk internet pelosok menjadi lebih sulit.

Maka dari itu, infrastruktur yang dibutuhkan untuk pemerataan pembangunan internet kabel belum dapat dibangun secara maksimal. Hal tersebut membutuhkan biaya yang besar. Proyek pembangunan serat optik Palapa Ring yang ditargetkan selesai tahun 2019 membutuhkan anggaran sekitar tujuh triliun rupiah. Tetap saja, proyek Palapa Ring tersebut masih hanya akan mencakup wilayah kota dan kabupaten, belum mencakup daerah kecamatan dan desa.

Meski internet kabel dirasa masih terlalu lama untuk sampai ke wilayah Anda, penduduk di pelosok wilayah Indonesia tidak pelu berkecil hati. Ada alternatif lain supaya rumah atau kantor instansi Anda dapat terhubung dengan layanan internet. Solusinya adalah dengan menggunakan internet berbasis satelit. Internet satelit tidak menggunakan infrastruktur fisik yang perlu dibangun di daerah di mana layanan internet akan digunakan. Pengguna hanya perlu menyewa dan memasang parabola dan modem dari penyedia layanan internet satelit.

Internet satelit dapat digunakan hampir di seluruh wilayah di Indonesia. Hal ini dapat dimungkinkan karena layanan ini menggunakan satelit yang ada di atas langit Indonesia. Dengan bermodal biaya layanan dan pemandangan jelas ke langit, para penduduk di pelosok telah dapat menikmati layanan internet yang telah lama didambakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *