Karir Paling Pas Untuk Para Penyandang Disabilitas Di Indonesia

Keterbatasan yang dimiliki oleh para penyandang disabilitas terkadang menjadi kendala bagi mereka yang ingin meniti karir. Terutama bagi beberapa yang memang nihil keterampilan. Karenanya, mereka harus berjuang lebih keras untuk menemukan pekerjaan yang cocok untuk mereka www.kompasiana.com/molzania1507/5beffe766ddcae715836ed24/berkarya-untuk-bangsa-harapan-baru-penyandang-disabilitas.

Kebutuhan akan pemasukan uang dialami oleh semua orang, sekalipun seorang penyandang disabilitas. Banyak dari mereka yang sangat antusias dan bersemangat untuk bekerja demi menyambung hidup dan memenuhi kebutuhan keluarga bagaimanapun kondisinya.

Namun sebenarnya, karir seperti apakah yang cocok bagi para penyandang disabilitas? Apakah ada batasan tentang apa yang bisa dan mampu mereka kerjakan?

Berkarir Di Industri Rumahan
Pada saat ini, tidak sedikit industri rumahan yang menerima masyarakat dengan penyandang disabilitas untuk menjadi salah satu pekerjanya. Hal ini tentunya akan disesuaikan dengan kemampuan dan keterampilan mereka. Apakah mereka memenuhi standar pekerjaan tersebut atau tidak.

Yang paling biasa dilakukan adalah pekerjaan yang tidak membutuhkan mobilisasi yang cepat dan sering. Beberapa yang sering dilakukan adalah berupa merajut, menjahit, warung kelontong, pengepakan kue, dan lain sebagainya.

Bidang Olahraga Disabilitas
Siapa bilang para penyandang disabilitas tidak bisa berkarir di bidang olahraga? Buktinya saat ini terdapat olimpiade atau kompetisi yang khusus diselenggarakan bagi para penyandang disabilitas.

Bahkan kompetisi tersebut sudah mendunia. Hal ini dilakukan agar tidak membeda-bedakan peluang sukses semua masyarakat. Selain itu, sebenarnya kita juga bisa menemukan berbagai penyandang disabilitas yang memiliki kemampuan di atas rata-rata dalam olah raga tertentu.

Lembaga Swadaya Atau Sosial
Berbagai lembaga swadaya atau social di Indonesia telah membuka lowongan kerja untuk para penyandang disabilitas. Ada banyak hal yang mereka lakukan sesuai dengan keterampilan dan pekerjaan masing-masing terutama di lembaga sosial di mana peran mereka sangat besar untuk menumbuhkembangkan semangat para penderita disabilitas lainnya untuk bangkit.

Pada dasarnya, masih banyak lagi pekerjaan atau karir yang bisa membuat cemerlang. Sebagian besar dari mereka juga lebih cenderung tertarik untuk membuka usaha. Jadi sudah tidak bisa dibendung lagi jika penyandang disabilitas bukanlah sebuah pembatasan untuk terus berjuang dan berkembang demi memenuhi kebutuhan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *